Mahasiswa Belajar dari Para Tahanan di Rumah Tahanan Polers Seruyan

  • Whatsapp
banner 468x60

Buserinvestigasi.com- Kuala Pembuang – “Bagaimana kasusnya? Proses penyidikannya berjalan dengan baik? Penasihat hukum mendampingi selama proses? Bagaimana kehidupan di dalam Rumah Tahanan?”

 

Pertanyaan di atas hanya sebagian kecil dari yang ditanyakan Mahasiswa Islam Negeri Antasari kepada Para Tahanan di Rutan Polres Seruyan. pagi itu menjadi semakin menarik karena Tahanan menjawab dengan sangat antusias dan seketika akrab dengan mahasiswa selama jalannya perkuliahan.

 

Metode perkuliahan dilakukan melalui wawancara dan observasi. Sebelumnya, para mahasiswa sudah berlatih. Tujuan dari perkuliahan kali ini adalah menjawab pertanyaan : bagaimana sebenarnya sistem peradilan pidana bekerja dalam praktik dan apakah rumah tahanan menjalankan perannya sebagai lembaga rehabilitasi sebelum para tahanan kembali kepada masyarakat?

 

Setelah proses wawancara dilakukan, para mahasiswa melihat kegiatan Tahanan, mulai dari kunjungan keluarga, hingga kegiatan ibadah. Tidak ada sekat antara mereka dan mahasiswa. Bedanya, kali ini, para tahanan menjadi guru dan mahasiswa menjadi murid. Semua tempat adalah sekolah dan semua orang adalah guru atau murid.

(R).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *