Yayasan Sosial Srikandi International ( YSSI ) ” Berbagi “

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, Buserinvestigasi.com  – Masih termasuk dalam rangkaian kegiatan di bulan suci Ramadhan, kali ini dengan mengangkat tema “Ramadhan Berbagi” yang merupakan salah satu program dari Yayasan Sosial Srikandi Internasional (YSSI) pada tahun ini. Pada hari Selasa, 26 April 2022 YSSI kembali menebar kebaikan dengan cara menyiapkan dan membagikan 200 pax makanan dan 200 pax takjil untuk berbuka puasa bagi para warga binaan di Masjid Rutan Salemba, Jakarta Pusat.

Tujuan berbagi sebagaimana diungkapkan oleh Yusi Zus Miyati selaku Ketua Umum YSSI, ialah agar berkah Ramadhan bisa dirasakan oleh semua pihak, bukan cuma mereka yang ada di luar Rutan (Rumah Tahanan), namun juga oleh mereka yang sedang berada di dalam Rutan. Di kesempatan yang sama kami bertemu dengan Rio Reifan salah satu aktor kenamaan yang sedang menjalani sisa hukuman menyambut kami disana. Hal ini terjadi karena Rio Reifan ternyata menjadi salah satu pengurus didalam Masjid Rutan Salemba tersebut. Dia menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada YSSI ( Yayasan Sosial Srikandi International) karena besarnya rasa kepedulian terhadap warga binaan yg berada di Rutan Salemba ini karena memang tepat hal dilakukan oleh YSSI karena sangat perduli dengan kondisi yang terjadi di dalam sini “ungkapnya”.
Tidak hanya itu Rangkaian kegiatan “Ramadhan Berbagi” menjadi bendera kegiatan yang diusung YSSI selama Ramadhan tahun ini.

Secara garis besar terdiri dari dua sub kegiatan, yaitu sebagian dilakukan secara bekerjasama dengan KASTRI (Kesetaraan Aliansi Kota Patriot) sebagai organisasi yang berada dalam binaan Pemerintah Kota Bekasi, dan sebagian lainnya dilakukan secara mandiri oleh YSSI sendiri.

Pada kegiatan yang bekerjasama dengan KASTRI, YSSI sudah menyelenggarakan beberapa acara, di antaranya event “Pasar Gratis Lebaran dan Santunan Yatim Dhuafa” pada hari Jumat, 22 April 2022 di Green Walk Mall Bekasi yang juga dihadiri oleh Plt. Walikota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono. Dalam acara tersebut sekaligus diadakan talkshow dan bazaar amal serta bazar UMKM.

Sebelumnya YSSI dan KASTRI juga mengadakan acara “Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim Dhuafa serta Bazaar Amal” pada hari Kamis tanggal 14 April 2022 di Masjid Al Ghufron, Bekasi.

Sementara itu pada kegiatan yang dilaksanakan oleh YSSI sendiri, sejak hari pertama Ramadhan, yaitu hari Ahad tanggal 3 April 2022, YSSI sudah mengadakan acara “Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Dhuafa” di Graha Hartika Bekasi, bersinergi dengan organisasi Peace & Love.

Kemudian membagikan makanan berbuka puasa di banyak tempat, di antaranya di Graha Yatim & Dhuafa, Yayasan Harapan Robbani dan masyarakat di sekitar Pondok Kelapa Bekasi. Juga berbagi buka puasa bersama 120 ustadzah dan guru ngaji di Graha Hartika pada Rabu, 13 April 2022.

Di samping itu masih banyak event yang diselenggarakan yakni di antaranya adalah berbagi “Bingkisan Lebaran” berisi paket sembako kepada orang-orang yang dimana mereka sangat membutuhkan, dan juga YSSI menjadi sukarelawan yang ikut dan berperan aktif dalam rangka menyalurkan bantuan kemanusiaan dari salah satu organisasi kemanusiaan yang berada di Turki berupa paket-paket sembako yang disebarkan langsung kepada penerima yang berhak di sekitar area Bekasi. Disini sangat terlihat bagaimana konektisitas peran aktif dari YSSI dalam menjalin hubungan kemanusiaan dengan berbagai organisasi-organisasi kemanusiaan dari negara lain.

Rencananya, event kemanusiaan dan berbagi lainnya masih tetap akan diselenggarakan oleh YSSI sampai akhir Ramadhan mendatang.

Pendirian, Visi dan Misi YSSI
YSSI berdiri lebih dari satu tahun lalu, setelah melihat sampai saat ini perempuan di Indonesia masih banyak yang mengalami sejumlah permasalahan-permasalahan yang cukup kompleks.

Dari sejumlah data resmi yang dirilis pemerintah, setidaknya ada tiga masalah utama yang dihadapi, yaitu ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.
YSSI sebagai lembaga sosial yang memiliki visi dan misi bergerak terdepan dalam menangani isu-isu perempuan, sudah tentu merasa sangat terdorong untuk ikut ambil bagian dalam upaya membantu pemerintah menuntaskan permasalahan tersebut.

Lewat sejumlah program utama, seperti peningkatan skala ekonomi perempuan melalui “Srikandi Preneur”, bantuan untuk pendidikan melalui “Srikandi Pintar”, jaminan akses kesehatan melalui “Srikandi Sehat”, serta pertolongan pertama pada kondisi kebencanaan melalui “Srikandi Siaga”, YSSI sudah bergerak aktif menyelenggarakan karya nyata.
Misalnya dengan menyalurkan program santunan rutin “Investasi Langit” setiap bulan kepada anak-anak yatim dhuafa bagi kepentingan pendidikan mereka, dan juga bagi para janda lansia dhuafa untuk memenuhi keperluan hariannya. Untuk sementara baru dilaksanakan di sekitar Bekasi, tetapi ke depannya akan terus diperbanyak di tempat-tempat lainnya di Indonesia.

YSSI juga menjalin sinergi dengan banyak pihak, misalnya dengan APJI Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia) dan IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) untuk bersama-sama mendorong UMKM, terutama yang digawangi oleh kaum perempuan.

Bahkan tahun lalu YSSI juga pernah membantu pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi masal untuk masyarakat di 4 wilayah berbeda di Jawa Barat yaitu wilayah Karawang, Rengas Dengklok, Cikampek dan Cimalaya dengan niat tulus dan agar pandemi segera berakhir dan masyarakat bisa melaksanakan aktivitas seperti biasa serta perekonomian di Indonesia bisa kembali pulih.

Disini terlihat kinerja dan peran aktif dari YSSI dalam menjalankan komitmen nya untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia khususnya kaum perempuan agar dapat kembali berkarya untuk memperjuangkan kesejahteraan diri dan keluarga serta berguna untuk negara dan bangsa Indonesia. (tim)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *