Sejumlah Pelaku Usaha di Kabupaten Tolitoli Ikuti Sosialisasi SNI Pasar Rakyat

  • Whatsapp
banner 468x60

TOLITOLI — Bupati Tolitoli diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Muh. Nur Munawar membuka acara sosialisasi Pembangunan dan Pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Tolitoli, di Aula Hotel Mitra Utama Tolitoli, Kamis (13/7/2023).

Dalam Laporan panitia pelaksana Fajriah, SE melaporkan Tujuan Penyelenggaraan Kegiatan Sosialisasi SNI Pasar Rakyat bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan wawasan dan daya saing bagi Instansi terkait juga pelaku usaha maupun pengurus dan pengelolaan Pasar Rakyat yang sesuai dengan ketentuan terhadap pemenuhan persyaratan SNI selain itu untuk memperlancar arus barang dan jasa sehingga dapat membantu mempercepat system, manajemen teknologi serta meningkatkan daya saing bisnis yang berorientasi pada keamanan, keselamatan, kesehatan dan pelestarian lingkungan.

Peserta Kegiatan Sosialisasi ditargetkan berjumlah 50 orang, terdiri dari dinas ataupun instansi terkait, Pengurus dan Pengelola Pasar di Kabupaten Tolitoli dan Pelaku usaha/Pedagang Pasar se-Kabupaten Tolitoli.

Dalam sambutan Bupati Tolitoli yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Muh Nur Munawar mengatakan Standar Nasional Indonesia pasar rakyat disusun dengan tujuan sebagai pedoman dalam mengelola dan membangun pasar rakyat serta memberdayakan komunitas pasar rakyat. dengan dikelolanya pasar rakyat sesuai dengan pedoman ini diharapkan produk yang beredar didalam pasar sesuai ketentuan yang pada akhirnya dapat meningkatkan perlindungan terhadap konsumen. Penerapan standar Nasional Indonesia pasar rakyat merupakan perwujudan komitmen khususnya Pemerintah Daerah dan pelaku usaha untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen di Daerah yang juga kehadiran Pasar rakyat berkontribusi terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi Nasional.

Pemda Tolitoli berkomitmen berikan perlindungan kepada masyarakat konsumen, dengan pemberian sertifikat SNI pasar rakyat merupakan salah satu upaya yang dapat mempercepat kembalinya pertumbuhan ekonomi lokal di Daerah masing-masing.

Selaku Pemerintah Daerah kami berharap penerapan SNI tidak hanya menguntungkan para pedagang tetapi juga menguntungkan para konsumen pasalnya, SNI pasar rakyat menekankan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan dan kenyamanan baik bagi konsumen maupun para pedagangnya sehingga dapat mengubah image pasar rakyat yang kerap kali diidentikkan dengan pasar yang becek, kumuh, jorok dan lain-lain dengan menerapkan SNI pasar rakyat, maka pasar akan menjadi tempat yang nyaman dan semoga akan ramai lagi seperti dahulu.

Hadir dalam acara tersebut Para Kepala Dinas terkait, Panitia dan seluruh peserta sosialisasi.##

Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *