Lomba Desa/Kelurahan Tahun 2023 digelar di Kabupaten Tolitoli

  • Whatsapp
banner 468x60

TOLITOLI – Bupati Tolitoli diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Tolitoli Mohamad Dzikron, SH., M. Si menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Penilaian Lomba Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Tolitoli di Desa Dungingis Kecamatan Dakopemen, Kamis (25-5-2023).

Desa Dungingis Kecamatan Dakopemean merupakan Desa pertama yang dikunjungi oleh tim penilaian Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten.

Sambutan Camat Dakopemean Arham A. Jacub, SH mengatakan persiapan untuk lomba Desa di Dungingis ini kurang lebih 1 bulan namun berkat budaya gotong-royong yang senantiasa melandasi pemikiran masyarakat Desa Dungingis sehingga Desa Dungingis kembali lagi menjadi Desa bercahaya sebagai mana yang telah saksikan bersama.

“Budaya gotong-royong tidak hanya pada persiapan lomba Desa akan tetapi sudah terjadi di realita kehidupan masyarakat sehari-hari dan kami yakin budaya gotong-royong bukanlah sesuat yang dibuat-buat karena terbukti pada hari ini, meskipun masyarakat Desa Dungingis memiliki keterbatasan ekonomi akibat dua musim tanam sawah tidak digarap karena irigasi yang Desa Dungingis miliki mengalami kerusakan parah karena bencana, tetapi dengan persiapan berlandaskan sifat gotong-royong Dungingis bercahaya kembali,” tegasnya.

Sambutan Ketua TP-PKK yang dibacakan oleh Ny. Hadiah Muh. Nur Munawar mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa gerakan PKK di wilayah Tolitoli, selama ini telah ikut andil dalam membantu memberdayakan keluarga dalam upaya mencapai kesejahteraan keluarga. Hal ini sangat sejalan dengan visi Kabupaten, yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan mandiri. Banyak hal yang bisa dilaksanakan bersama, saling melengkapi, dan menunjang satu sama lain.

“Kami selaku perwakilan pengurus dan sebagai ketua tim penggerak PKK berupaya untuk  fokus dan melakukan inovasi-inovasi yang terbaik terhadap upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” ucapnya.

Dikatakan pula, memang sudah sepantasnyalah kita selaku pengurus TP-PKK untuk memperoleh sebuah penghormatan lewat perlombaan Desa ini, karena PKK di Desa kita sudah banyak mengalami kemajuan. Semua keberhasilan itu semata-mata atas kerja sama yang baik antara masing-masing anggota PKK.

Bupati Tolitoli dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Tolitoli mengatakan Pemerintah Kabupaten Tolitoli secara kontinyu melakukan kegiatan penilaian lomba Desa dan Kelurahan, dengan maksud untuk menjalankan kewajiban dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, dalam pembangunan Desa yang ditandai dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dibidang ekonomi, sosial budaya dan sosial politik serta terpeliharanya lingkungan hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan lomba ini juga bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan, dengan menemukan potensi dan keunikan Daerah yang kemudian bisa dipromosikan untuk menjadi daya tarik dan keunggulan Desa sehingga dapat mendorong daya pendapatan masyarakat Desa.

Bupati Tolitoli berharap kepada seluruh aparat Desa dan pengurus tim penggerak PKK desa Dungingis, agar mempersiapkan segala sesuatunya untuk dilakukan penilaian, begitu pula kepada Camat Dakopemen dan seluruh jajarannya, kiranya dapat memberikan dukungan dan bantuan kepada Pemerintah dan masyarakat Desa Dungingis ini, agar pelaksanaan penilaian lomba Desa tingkat Kabupaten Tolitoli ini dapat berjalan lancar.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Kabupaten Tolitoli bersama jajarannya, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tolitoli, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli, Camat Dakopemean, Forkopimca Dakopemean, para Tim Penilai Desa, para Kepala Desa se-Kecamatan Dakopemean, Ketua dan anggota BPD Dungingis, dan tamu undangan.##

Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *